Ban traktor atau ban agriculture Anda adalah salah satu asset yang paling berharga dan harganya tidak murah. Jika Anda mengesampingkan perhatian untuk ban traktor Anda, Anda bisa menghadapi beberapa resiko dalam hal keselamatan, performance, dan biaya yang meningkat. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur ban traktor Anda. Dengan menerapkannya, Anda dapat menghemat hingga puluhan juta rupiah selama umur traktor Anda.

1. Cek Tekanan Ban Traktor Anda
Sebaiknya Anda memeriksa tekanan ban traktor Anda paling tidak sekali dalam seminggu. Gunakan alat ukur yang presisi untuk mengetahui besarnya tekanan dalam ban Anda. Jangan lupa untuk mengkalibrasi alat ukur tekanan ban Anda paling tidak sekali dalam setahun.

Selalu cek tekanan ban traktor Anda pada saat ban dalam kondisi dingin karena pada kondisi panas, tekanan udara dalam ban akan meningkat dan tekanan udara dalam ban traktor Anda akan kembali berkurang saat ban nya sudah lebih dingin.

Kurangnya tekanan udara dalam ban traktor Anda dapat menyebabkan kawat dan konstruksi carcass dalam ban menjadi rusak. Untuk menentukan besar nya tekanan udara yang sesuai untuk traktor Anda, Anda bisa mengacu pada manual book atau perbandingan load dan tekanan udara yang biasanya berbeda – beda pada setiap jenis traktor.

2. Jenis Ban Traktor
Pastikan Anda hanya menggunakan 1 jenis ban traktor pada setiap unit traktor. Pastikan jangan mencampur ban bias / ban nylon dan ban radial / ban kawat untuk 1 unit traktor yang sama.

3. Periksa Valve / Pentil Ban Traktor
Valve / pentil ban yang rusak dalam menyebabkan ban slip di velg yang disebabkan karena :
– Tekanan ban yang terlalu rendah
– Terlalu banyak lubricant pada bibir ban
– Bibir ban tidak duduk sempurna pada velg
Jika terdapat kerusakan pada valve ban traktor Anda, segera konsultasikan kepada spesialis ban yang terpercaya.

4. Perhatikan Gejala Slip
Jika ada menemukan adanya gejala slip saat traktor berjalan, mungkin disebabkan karena berat roda yang terlalu ringan. Slip di pemukaan jalan yang kasar dapat mempercepat keausan ban traktor Anda. Sebagai solusi sementara jika Anda menemui kejadian ini Anda dapat menurunkan tekanan ban traktor Anda tetapi jangan melampaui batas bawah yang dianjurkan.

5. Periksa Velg Traktor Anda
Jika Anda memasangkan ban traktor Anda pada velg yang terlalu sempit, hasilnya akan sama dengan Anda memberikan tekanan udara yang berlebihan dalam ban traktor Anda. Keausan akan terkonsentrasi di bagian dengan telapak ban. Keausan meningkat sedangkan traksi menurun. Ban traktor Anda juga dapat beresiko mengalami kerusakan sidewall (dinding ban) karena tekanan yang berlebihan pada sidewall sehingga pada umumnya sidewall ban traktor Anda akan mengalami separasi.

6. Bersihkan Bekas Minyak dan Grease Dari Ban Traktor Anda
Minyak, grease, bahan bakar, dan bahan – bahan kimia pertanian dapat merusak ban traktor Anda. Bersihkan ban traktor Anda dari material di atas setelah selesai menggunakan traktor Anda.

7. Periksa Kerusakan Ban Traktor Anda Setiap Hari
Perhatikan apakah ada luka sayatan dan gompalan, dan perhatikan apakah ada kawat ban yang keluar. Jika ada kerusakan, segera konsultasikan pada spesialis ban yang terpercaya.

Untuk segala permasalahan ban agriculture di Indonesia, silahkan hubungi Berkat Partindo Abadi yang telah berpengalaman dalam bidang ban traktor dan ban alat berat lainnya.

Berkat Partindo Abadi
Sales 1 : 0858 8820 2266
Sales 2 : 0858 3366 8899
Fax : 021 – 2960 8397
Email : info@berkatpartindoabadi.com
Website : www.berkatpartindoabadi.com

Berkat Partindo Abadi – Your Trusted Partner For Heavy Equipment Wheel System Solution